Tips & Trick

Tips Memilih Pakaian Interview Kerja yang Disukai HRD

Pakaian interview kerja

Baiknya jangan pernah mengabaikan pakaian interview kerja apalagi salah kostum. Jadi sesuaikan baju dengan perusahaan yang Anda gunakan untuk tes wawancara, sebab kesan HRD ditentukan dari cara berpakaian.

Ketika wawancara ada banyak hal nantinya akan dinilai oleh perekrut, seperti pakaiannya. Selain menunjukkan profesional, Anda juga akan memberikan kesan baik di awal pertemuan. Jadi persiapkan dengan baik penampilan saat wawancara.

Tips Memilih Pakaian Interview Kerja yang Tepat

Baju yang tepat untuk wawancara juga berbeda-beda ditiap perusahaan. Apabila Anda mengenal salah satu pegawainya, maka bisa meminta rekomendasi. Jika masih bingung akan memakai pakaian apa, simak tipsnya ini:

1. Jangan menggunakan celana denim

Wawancara kerja ialah acara formal, jadi usahakan memakai baju yang sesuai dengan konsepnya. Baiknya jangan mengenakan celana berbahan jeans atau denim, sebab dianggap terlalu santai dan tidak formal.

Apalagi jika celana jeans tersebut sobek-sobek dan punya lubang di beberapa tempat. Meskipun stylish tapi untuk pakaian interview kerja baiknya tidak menggunakannya, sebab dapat mengurangi kesan formalnya.

Walaupun Anda melamar di perusahaan hiburan dan sejenisnya, tapi jangan memakai celana denim. Untuk pria bisa memakai celana panjang kain dan wanita menggunakan rok atau celana bahan.

2. Pakai kemeja

Kemeja ialah baju yang terbilang paling aman dipakai saat ada tes wawancara kerja. Karena bukan hanya simple tapi juga bisa memberikan kesan profesional serta lebih rapi jika dilihat.

Anda bisa memakai kemeja dari bahan sutra, katun, atau flanel. Baiknya jangan memilih bahan yang membuat mudah berkeringat. Ketika wawancara, jangan sesekali mengenakan kaos oblong karena akan memberikan kesan santai.

3. Perhatikan motif serta warna

Warna dan motif baju jadi hal lain yang baiknya diperhatikan. Apalagi model kemeja serta blouse sangat bervariasi, mulai dari motif bunga, garis, lingkaran, polos, dan lainnya.

Untuk pakaian interview kerja, baiknya pakai kemeja polos dan motifnya simple saja. Baiknya jangan memakai kemeja motifnya meriah dan warna mencolok agar enak dilihatnya.

Jika ingin memberikan kesan cerah, maka pilih pastel atau putih, tapi memakai warna gelap juga bisa. Hitam, navy, cokelat, atau abu merupakan pilihan warna gelap yang bisa dipakai.

4. Sepatu menutup kaki

Sepatu juga tidak kalah krusialnya untuk diperhatikan ketika akan datang ke tes wawancara kerja. Karena nanti HRD akan langsung melihat penampilan seseorang dari atas sampai bawah.

Jadi gunakan sepatu yang mampu menutupi semua bagian dari kaki. Pria dapat memakai sepatu pantofel atau sejenisnya. Sekarang pantofel punya beragam jenis model serta desain menarik sehingga memberikan kesan formal.

Sebagai pendukung pakaian interview kerja wanita, bisa memakai sepatu flat atau heel. Pastikan gunakan sepatu menutupi semua jari kaki. Jika memilih sepatu heel juga jangan terlalu tinggi.

Sehingga bisa lebih nyaman dipakai dan tidak mencolok. Jangan sampai menggunakan sandal atau alas kaki yang tidak pas dengan acaranya tersebut.

5. Manfaatkan blazer atau jas

Agar menunjukkan kesan lebih formal, maka pelamar bisa memanfaatkan jas atau blazer. Namun pastikan sebelumnya memilih warna pas sesuai dengan inner Anda tersebut.

Memakai jas atau blazer saat wawancara kerja bersama perusahaan keuangan, perbankan, atau pertokoan merupakan pilihan tepat. Karena biasanya pegawai akan mengenai pakaian semacam itu, jadi sesuaikan dengan perusahaannya.

Baca Juga : Hal Ini Penting Dilakukan Agar Anda “Work Life Balance”

6. Jangan memasang aksesoris berlebih

Aksesoris sendiri memang bisa mempermanis serta melengkapi tampilan Anda. Namun baiknya jangan mengenakan yang berlebih, terutama aksesoris dengan ukuran besar, mengganggu, serta terlalu mencolok.

Sebab hal itu bisa mengalihkan perhatian pihak HRD dan malah menjadi fokus dengan aksesoris Anda. Menggunakan pakaian interview kerja dengan tepat menjadi nilai tambah untuk perusahaan. Bagi seorang vapers, untuk saat ini sebaiknya Anda tidak menggantungkan pods Anda. Sebaiknya Anda meletakan pods Anda pada celana atau tas Anda.

Jika Anda menggunakan Emkay Pod, varian E type, Anda tidak perlu khawatir kalau pods Anda akan leaking. Emkay sebelumnya sudah melakukan pengujian bahwa Pod mereka anti leaking selama 7 hari. Jadi tidak akan merusak penampilan dan membuat Anda tidak nyaman.

Jika masih ingin memakai aksesoris, maka jangan terlalu berlebih misalnya cukup mengenaikan ikat pinggang serta jam tangan. Pilih saja model simple namun tetap memberikan tampilan elegan dan mewah.

7. Perhatikan make up wajah dan tatanan rambut

Rambut ialah satu hal yang tidak kalah pentingnya untuk Anda perhatikan sebelum melakukan wawancara kerja. Pastikan jika rambut sudah disisir rapi serta ditata agar enak dilihat oleh orang lain.

Untuk pria dapat menggunakan pomade atau gel rambut supaya bisa tahan lama serta awet. Untuk wanita bisa stylish rambut dengan catokan agar lebih rapi, cara lain bisa juga mengikatnya.

Agar penampilannya lebih segar, jaga-jaga bawa face paper untuk antisipasi berminyak wajahnya. Gunakan riasan atau make up, namun jangan berlebih agar memberikan kesan fresh dan mendukung pakaian interview kerja.

8. Pakai baju yang nyaman

Bukan hanya memberikan kesan baik saja, tapi perhatikan juga kenyamanannya. Pilih atasan serta celana nyaman, sesuaikan dengan cuaca hari itu sehingga tetap memberikan kepercayaan diri selama mengenakannya.

9. Pakai wewangian yang enak

Bukan hanya memberikan tampilan rapi saja, tapi pastikan juga wangi. Oleh karena itu manfaatkan parfum namun jangan terlalu menyengat dan hindari pakaian berlebih.

Untuk Anda yang akan datang wawancara kerja, pastikan memberikan penampilan mengesankan agar memberikan nilai tambah. Beberapa tips pakaian interview kerja tepat baiknya diketahui supaya tidak salah kostum.

Ingin lebih banyak tips seperti ini? Anda bisa langsung kunjungi series.emkay.id. Atau Anda bisa follow instagram @emkay.id untuk tips menyenangkan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *