Kesehatan Kerja

Rekomendasi Nutrisi Saat Sibuk Bekerja Agar Stamina Tetap Fit

nutrisi saat sibuk bekerja

Mengukur nutrisi saat sibuk bekerja sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya adalah agar asupan yang masuk ke dalam tubuh seimbang dengan tenaga yang dikeluarkan.

Ketika aktifitas berat namun tubuh kekurangan nutrisi, tentu akan berdampak pada banyak hal. Selain tubuh mudah lelah, juga akan berpotensi pada kurang gizi sehingga rentan terkena sakit.

Untuk itulah alasan mengapa sangat penting memperhatikan apa yang dikonsumsi setiap hari. Tujuannya adalah agar apa yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi secara maksimal sehingga kesehatan tetap terjaga meskipun disibukkan dengan berbagai aktifitas padat.

Jenis Asupan Menentukan Level Kesehatan

Selama ini mungkin banyak orang beranggapan bahwa penyakit bisa menyerang akibat faktor luar seperti virus, kuman maupun bakteri. Padahal faktor eksternal tersebut tidak serta merta bisa melumpuhkan sistem kekebalan tubuh jika keadaan tubuh baik.

Artinya sistem imun menjadi benteng utama untuk menghalau berbagai macam penyakit. Sedangkan kunci untuk menjaga sistem imun selain dengan berolahraga, mencukupi kebutuhan tidur juga dengan cara memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh itu sendiri.

Jenis nutrisi atau gizi serta komposisi maupun porsi makan sangat bergantung pada kondisi tubuh masing – masing serta jenis kegiatan yang dilakukan. Artinya nutrisi saat sibuk bekerja takarannya akan berbeda ketika Anda sedang berlibur atau bersantai.

Jenis asupannya juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Jika Anda terbiasa dengan menu makan sehat, tentu kesehatan akan lebih terjaga sehingga tidak akan mudah terserang penyakit.

Sebaliknya, jika Anda hobi mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti cenderung berminyak, berlemak dan instan maka besar kemungkinan kondisi kesehatan akan berbeda.

Untuk itulah perlu memahami kondisi tubuh dan situasi masing – masing. Terutama mengenai nutrisi saat sibuk bekerja agar sesibuk apapun kegiatan atau aktifitasnya, asupan tubuh tetap terjaga sehingga tidak akan mudah terkena penyakit.

Baca Juga : Hal Ini Penting Dilakukan Agar Anda “Work Life Balance”

Sibuk Kerja? Hindari Makanan Ini Agar Tetap Sehat

Seperti disebutkan diatas bahwa makanan ternyata juga berpengaruh terhadap kestabilan kesehatan. Makan merupakan kebutuhan pokok setiap hari. Namun yang perlu diingat adalah, makan bukan hanya sebatas penghilang rasa lapar namun juga memenuhi nutrisi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nutrisi saat sibuk bekerja lebih penting untuk diperhatikan. Meski bekerja adalah kewajiban, namun bukan menjadi alasan untuk melewatkan jam makan. Sesibuk apapun, makan harus disempatkan.

Perlu diingat yaitu hindari semua jenis makanan serba instan. Ketika sibuk tentu solusi terbaik adalah praktis dan kenyang. Sehingga banyak orang akhirnya memutuskan untuk membeli fast food atau cepat saji.

Padahal faktanya fast food itu sendiri tidak baik bagi kesehatan, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Komposisi gizi dalamnya juga sangat sedikit. Sehingga tidak mencukupi kebutuhan nutrisi saat sibuk bekerja.

Sangat disarankan untuk mengkonsumsi menu makan sehat. Jika memungkinkan, buatlah bekal sendiri dari rumah di mana jelas terjaga kebersihannya. Namun jika tidak bisa, membeli tidak menjadi masalah asalkan bisa memastikan bahwa komposisi gizi dalam makanan tersebut sudah pas yaitu terdapat karbohidrat, protein, sayur dan buah – buahan.

Untuk minuman sendiri sangat disarankan air putih saja sebagai pengganti cairan tubuh yang terkuras akibat sibuk bekerja. Bisa juga dengan minum jus sekaligus mengganti asupan buah. Hindari kopi, soda dan berbagai minuman terlalu banyak mengandung gula.

Rekomendasi Asupan Nutrisi Saat Sibuk Bekerja

Bagi Anda yang aktifitasnya padat, penting sekali memperhatikan asupan makan setiap harinya. Agar kebutuhan nutrisi terpenuhi dengan baik, maka perhatikan tips – tips berikut ini.

1. Pilih Menu Makan Sehat

Tips pertama yaitu memilih menu makan sehat. Pastikan komposisi menunya sudah pas. Ada karbohidrat, protein, serat, sayur dan buah. Akan lebih baik lagi jika memilih jenis masakan di mana dimasak tanpa minyak misalnya dengan cara di rebus atau kukus.

2. Atur Porsi Makan dengan Tepat

Pastikan semua nutrisi porsinya sudah tepat. Jangan beranggapan bahwa ketika makan porsi nasinya harus banyak. Pastikan antara nasi, lauk dan sayur komposisinya seimbang. Porsi makan juga harus pas, jangan kurang atau berlebihan.

3. Usahakan Tepat Waktu

Komposisi nutrisi saat sibuk bekerja yang pas saja tidaklah cukup. Jika memungkinkan makanlah tepat waktu. Namun jika tidak, pastikan Anda makan 3kali sehari meskipun tidak selalu dijam yang sama karena sibuk bekerja.

4. Selektif Memilih Tempat Membeli Makanan

Sebenarnya membawa bekal dari rumah lebih baik karena Anda tahu kualitas bahan yang digunakan, bagaimana cara memasaknya dan kebersihan lebih terjamin. Namun jika tidak memungkinkan, Anda bisa membeli makan diluar dengan catatan memperhatikan kebersihan tempat membeli makanan tersebut.

5. Batasi Makanan Instan

Tips terakhir adalah membatasi makanan instan. Ketika sibuk, banyak orang memilih menu instan sebagai solusinya karena dianggap praktis. Namun jika hal tersebut dijadikan sebagai kebiasaan tentu tidak sehat.

Sebaiknya batasi mengkonsumsi instant food dan cepat saji. Utamakan makanan sehat dan diproses dengan cara memasak yang sehat juga.

Dengan tips diatas maka akan membantu menjaga agar nutrisi saat sibuk bekerja tetap terpenuhi. Sehingga seberat apapun aktifitas yang dijalani maka tidak akan mempengaruhi kesehatan. Dapatkan tips sehat lainnya untuk para pekerja di series.emkay.id. Dapatkan lebih banyak informasi informasi yang lebih menyenangkan dengan memfollow instagram @emkay.id. Sampai juga pada Artikel selanjutnyaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *