Produktivitas

Skill Pekerja Freelance yang Banyak Dicari Perusahaan

skill pekerja freelance

Ada beberapa skill pekerja freelance yang cukup dibutuhkan sehingga banyak dicari oleh perusahaan. Dengan memiliki keterampilan ini, maka seseorang akan lebih mudah dalam mencari pekerjaan sebagai tenaga lepas.

Apalagi ada cukup banyak orang yang sekarang lebih memilih pekerjaan sebagai tenaga lepas karena dapat dikerjakan kapan saja dan di mana saja. Freelance juga tidak terikat dengan waktu maupun rutinitas kantor yang terlalu monoton bagi sebagian orang.

Meskipun pekerjaan ini tidak memiliki pendapatan pasti seperti pekerja kantoran, namun tetap berpotensi berpenghasilan lebih tinggi dari karyawan tetap. Berbagai kelebihan inilah yang membuat pekerjaan freelancer cukup banyak diminati.

Skill Pekerja Freelance Banyak Dicari Perusahaan

Cukup banyak skill untuk pekerja freelance yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan, sehingga bisa disesuaikan dengan keterampilan masing-masing. Berikut adalah beberapa skill penting jika ingin menjadi seorang freelancer.

1. Keterampilan Data

Perkembangan teknologi sekarang membuat banyak perusahaan membutuhkan seseorang yang dapat menerjemahkan data. Keterampilan ini membutuhkan seseorang yang dapat menguasai analisis maupun visualisasi data.

Skill pekerja freelance ini cocok untuk seseorang yang menyukai angka serta berpatokan pada data. Profesi dengan sebutan data scientist ini bertugas membuat algoritma untuk menangkap data relevan dengan perusahaan, menyusun, menganalisa, dan melaporkannya.

Untuk menjadi seorang freelancer profesional dalam bidang ini, penting untuk mempelajari berbagai software data analytics. Berbagai software ini akan banyak membantu pekerjaan mengubah angka mentah menjadi narasi untuk mendorong keputusan bisnis.

2. Keterampilan AI

AI atau kecerdasan buatan kini sudah menjadi teknologi yang sangat penting serta berperan dalam perkembangan industri freelance. Seorang freelancer yang bisa memahami AI, termasuk ChatGPT, bisa memberikan solusi inovatif kepada klien.

Berbagai solusi inovatif ini termasuk pembuatan sistem layanan seperti chatbot, gambar, maupun konten untuk pemasaran. Selain itu, keterampilan kecerdasan buatan ini juga bisa menjadi solusi dalam pengkodean, analisis data, dan lainnya.

3. Keterampilan UI dan UX

Skill pekerja freelance selanjutnya adalah UI dan UX design yang sangat penting untuk mengembangkan desain produk. Meskipun memiliki fungsi sama, namun definisi maupun cara keduanya memiliki perbedaan.

UI design merupakan tampilan produk yang ingin ditunjukkan atau diperlihatkan, artinya tampilannya visible atau dapat terlihat mata. Seorang UI designer berfokus pada visualisasi, pemilihan warna, dan berbagai hal lain terkait kreativitas dari interface user.

Sementara itu, UX design memiliki ranah lebih luas dan berfokus pada proses pembuatan produk hingga mendapatkan pengalaman kemudahan dari user. UX designer memastikan setiap langkah yang dilakukan sudah berjalan dengan logis, jelas, serta sesuai kebutuhan user.

Baca Juga : 5 Kegiatan Agar Hari Anda Jadi Lebih Produktif

4. Keterampilan E-Commerce

Saat ini e-commerce tumbuh dengan sangat pesat, bahkan masyarakat lebih banyak memilih berbelanja online daripada datang langsung ke toko. Hal ini karena berbelanja online lebih praktis, mudah, dan tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Oleh sebab itulah, skill pekerja freelance dalam bidang e-commerce sangat dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan. Keterampilan ini termasuk mempelajari cara pengoptimalkan toko online seperti gambar visual produk, SEO, pemasaran, juga layanan untuk pelanggan.

5. Content Marketing

Content marketing adalah strategi pemasaran dengan menyebarkan konten relevan dan konsisten sehingga menarik perhatian audiens. Hal ini tentu membutuhkan keterampilan agar dapat membangun relasi kuat dengan audiens dalam jangka waktu panjang.

Skill pekerja freelance ini sendiri seputar tata bahasa dan ejaan, sebab penulisan konten akan mempengaruhi ketertarikan dari audiens. Selain itu, freelancer juga harus memahami strategi konten maupun optimalisasi SEO untuk hasil konten terbaik.

6. Digital Marketing

Memiliki keterampilan dalam digital marketing sangat membantu dalam memperluas cakupan pekerjaan sebagai freelancer. Profesi ini sendiri memiliki jobdesk mengurus search engine marketing, sosial media dan e-mail untuk pemasaran, PPC, management SEO, dan lainnya.

Masyarakat yang kini lebih banyak memilih melakukan berbagai aktivitas secara online membuat pemasaran melalui dunia maya juga harus optimal. Oleh sebab itulah skill pekerja freelance ini semakin banyak dicari oleh perusahaan.

7. Video Editing

Video editing juga menjadi keterampilan yang banyak dicari, sebab industri digital kreatif semakin berkembang pesat. Digital kreatif sangat erat dengan pembuatan konten, termasuk dalam bentuk video.

Menariknya, seseorang dengan skill pekerja freelance ini bisa melakukan kontrak dengan beragam perusahaan maupun agensi. Berapa perusahaan yang membutuhkan keterampilan ini seperti bidang perfilman, animasi, penyiaran, video/game, dan banyak lainnya.

8. SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan keterampilan yang banyak dicari perusahaan sehingga menjadi peluang menjanjikan bagi para freelancer. Hal ini karena mesin pencari semakin canggih, sehingga pakar SEO dibutuhkan untuk menganalisis algoritmanya.

Tidak hanya itu saja, seseorang yang memiliki keterampilan harus bisa mengikuti perkembangan tren SEO terkini. Freelancer dalam bidang ini juga harus menguasai riset, kata kunci, juga paham SEO teknis sehingga pemasaran online bisa lebih maksimal.

Freelancer kini menjadi pekerjaan dengan banyak peminat karena tidak terikat dengan waktu maupun rutinitas kantor. Meski begitu, perlu adanya skill pekerja freelance yang dibutuhkan banyak perusahaan untuk memperluas peluang mendapat pekerjaan.

Sangat penting untuk Anda menambah skill pekerjaan saat ini. Dapatkan lebih banyak info menarik disini. Serta jangan lupa daftarkan diri Anda menjadi member emkay.id agar bisa mendapatkan keuntungan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *