Event

Tips Berlibur Bersama Anak yang Seru Saat Weekend

berlibur bersama anak

Bila Anda ingin berlibur bersama anak saat weekend, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar liburan bisa menjadi lebih asik dan menyenangkan. Bisa berlibur bersama buah hati adalah impian kebanyakan orang tua.

Dengan liburan, anak dapat menikmati suasana yang lain serta memiliki pengalaman baru. Tapi berlibur bersama si kecil tidak selalu mudah, banyak persiapan yang harus dipersiapkan agar liburan bisa berjalan lancar.

Apalagi jika si anak masih berumur balita atau bayi, banyak yang perlu dipersiapkan. Dalam artikel kali ini kita akan bahas beberapa tips liburan dengan anak agar bisa berjalan lancar.

Tips Berlibur Bersama Anak Saat Weekend

Berlibur bersama keluarga dan anak merupakan hal menyenangkan yang bisa kita lakukan saat weekend. Berikut ini beberapa tips liburan menyenangkan bersama anak, dijamin asyik dan menyenangkan :

1. Pilihlah Jam Perjalanan yang Sesuai

Apabila Anda ingin berlibur bersama anak, pilihlah jam perjalanan yang sesuai. Jam perjalanan sangat penting diperhatikan, sebab menentukan kenyamanan anak, perhitungkan waktu keberangkatnya dan waktu tempuh hingga sampai tempat tujuan.

Perjalanan malam dapat menjadi pilihan tepat apabila waktu tempuhnya lumayan lama. Tetapi perjalanan siang juga dapat dipilih bila waktu tempuhnya pendek, perjalanan pagi ke siang akan membuat anak.

Dapat melihat pemandangan indah sepanjang perjalanan, sementara perjalanan malam dapat dipilih. Agar selama dalam perjalanan si anak tidak kepanasan dan agar mereka bisa beristirahat selama di perjalanan.

2. Sediakan Camilan dan Makanan

Bila berlibur bersama anak yang masih bayi, Anda bisa bawakan mereka camilan dan makanan bayi agar si anak tidak kelaparan. Jangan lupa sediakan ASI botol apabila Anda menggunakan kendaraan umum.

Siapkan juga MPASI yang praktis agar anak bisa makan, walaupun di dalam perjalanan, jangan mengabaikan waktu makan bayi. Sebab bila anak kelaparan, dia bisa rewel dan akan menangis sepanjang jalan.

3. Gunakan Kendaraan yang Ramah Anak

Jika anak Anda masih bawa bayi, utamakan kenyamanannya, jika bayi rewel selama dalam perjalanan, tentunya juga akan menyusahkan Anda. Maka dari itu, pilihlah kendaraan yang ramah anak.

Apabila menggunakan transportasi umum, pastikan bayi memiliki area untuk tidur dan bermain dengan nyaman. Begitu juga jika menggunakan kendaraan pribadi, siapkan car seat dan bawakan selimut agar bayi tetap nyaman.

4. Pilih Lokasi yang Ramah Anak

Bingung ingin pergi ke mana ketika berlibur bersama anak? Anda dapat kunjungi beberapa tempat yang kids friendly saat liburan. Nantinya tempat yang dituju harus terdapat fasilitas yang dapat dimainkan anak-anak.

Bahkan apabila terdapat tempat makan di sana, tentu menu anak-anak juga sudah pasti disediakan. Jadi sangat penting bagi Anda untuk memilih tempat liburan yang ramah anak.

5. Pilihlah Penginapan yang Homey

Liburan bersama keluarga memiliki standar berbeda dibanding liburan atau bersenang-senang dengan teman. Apabila berlibur bersama teman, Anda dapat memilih penginapan yang hanya sebatas untuk istirahat atau tidur.

Sedangkan apabila berlibur bersama anak, Anda perlu memerhatikan penginapan yang nyaman dan homey. Dengan begitu, anak akan merasa seperti di rumahnya sendiri, mereka juga akan lebih mudah beradapatasi.

6. Kunjungi Tempat yang Memiliki Arena Bermain

Jika Anda liburan membawa anak, kunjungilah tempat yang ada arena bermainnya, walaupun terlihat sepele. Hal tersebut penting untuk diperhatikan dan perlu dijadikan bahan pertimbangan ketika akan berkunjung ke suatu tempat.

Itu karena area bermain menjadi hiburan yang seru bagi si kecil, dia dapat bermain dengan teman seumurannya. Bisa lebih menikmati liburannya dan si anak jadi tidak mudah rewel.

Pastikan bahwa area bermain yang dipilih aman untuk anak dan tidak ada benda berbahaya atau benda tajam yang bisa melukainya. Anda juga harus mengawasi anak ketika bermain di sana.

Baca Juga : Jangan Disepelekan, Ini Cara Menjaga Kesehatan Mental Anda

7. Tidak Diburu Jadwal Padat

Ketika berlibur bersama anak, hindarilah jadwal yang padat, sebab jadwal padat hanya akan membuat anak-anak. Menjadi kelelahan serta tidak bisa menikmati liburannya, jadwal kegiatan selama liburan.

Dapat disesuaikan dengan jadwal anak, misalkan siang hari saat anak harus tidur siang. Maka Anda sekeluarga harus sudah berada di penginapan, sehingga semua terasa layaknya sedang bersantai tidak terburu-buru.

8. Menyediakan Fasilitas Masak

Jika anak Anda baru saja memulai MPASI, Anda perlu memerhatikan poin penting yang satu ini. Apabila memungkinkan, cari tempat penginapan yang juga menyediakan dapur untuk memasak.

Hal ini agar anak bisa menyantap makanan yang lebih segar serta terjamin kebersihannya. Kini telah banyak vila atau hotel yang menyediakan fasilitas dapur kecil untuk bisa digunakan para pengunjungnya.

9. Hindari Terlalu Banyak Berbelanja

Tips terakhir yang perlu diperhatikan ialah hindari berbelanja terlalu banyak saat berlibur bersama anak. Belanja merupakan keinginan yang sering muncul dari orang tua, kadang berbelanja menghabiskan cukup banyak waktu.

Dan tentunya juga akan memakan bagasi, hal itu tentunya bisa membuat anak merasa bosan dan lelah. Tidak hanya itu, banyaknya barang bawaan karena berlebihan dalam berbelanja. Juga akan membuat Anda repot sendiri, apalagi apabila Anda naik transportasi umum, bukan kendaraan pribadi.

Dengan memperhatikan tips di atas, berlibur bersama anak saat weekend dijamin seru dan menyenangkan. Anda bisa mendapatkan tips lainnya seperti ini dengan mengunjungi series.emkay.id. Anda juga bisa follow instagram @emkay.id untuk informasi lainnya. Jangan lupa untuk daftarkan diri anda menjadi member emkay.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *