Kesehatan Kerja

Tips Ampuh untuk Mengatasi Stress Bekerja!

Pernahkah Anda merasakan tertekan ketika kerja, sehingga memerlukan tips mengatasi stress bekerja? Dalam kondisi seperti ini bekerja terlalu berlebihan justru membuat kinerja semakin menurun dan tidak produktif.

Sebaliknya, jika bekerja dengan ritme pelan namun pasti akan ada banyak pekerjaan segera terselesaikan. Ini membantu mengurangi rasa stress, terisolasi, dan tertekan ketika bekerja baik di kantor maupun dari rumah.

Sebelumnya cari tahu dahulu apa penyebab timbulnya stres tersebut. Apakah karena perjalanan macet, lingkungan toxic, atau terlalu banyak tugas menumpuk? Dengan mengetahui penyebabnya, maka implementasi tips mengatasi stress akan membuahkan hasil.

Begini Tips Mengatasi Stress Bekerja Demi Kesehatan Mental

Kondisi stress membahayakan bagi fisik maupun mental dan dapat mengakibatkan depresi. Alhasil tujuan karir tidak tercapai tapi berhenti di tengah jalan. Untuk menghindari hal tersebut, lakukan tips atasi stress bekerja berikut.

1. Buat Plan untuk Sehari

Tips mengatasi stress bekerja dengan mencoba menyusun to do list agar kegiatan sepanjang hari berjalan sesuai perencanaan. Memang tidak semua selalu berjalan sesuai target, tapi ini akan membantu Anda apa saja yang harus dilakukan hari ini.

Buatlah daftar pekerjaan-pekerjaan pada malam hari sebelum bangun keesokan harinya agar tidak lupa. Atur juga estimasi waktu masing-masing pekerjaannya.

Kemudian tutup hari dengan journaling untuk merekam jalan pikiran seharian saat bekerja sekaligus mengevaluasinya. Journaling akan membantu mengenali apa yang menjadi pemicu munculnya stress dalam satu hari itu.

2. Lakukan Pre-work Ritual

Tips mengatasi stress bekerja selanjutnya adalah melakukan pre-work ritual. Kegiatan ini tergantung preferensi pribadi masing-masing. Misalnya meluangkan waktu untuk work out selama 30 menit sebelum siap-siap berangkat kerja.

Bisa juga membaca buku, mendengarkan musik, minum kopi, membuat bekal, atau apapun yang dapat membangkitkan semangat pagi. Bisa juga dengan menata meja kerja untuk menciptakan suasana kerja senyaman mungkin.

Baca Juga : Jangan Disepelekan, Ini Cara Menjaga Kesehatan Mental Anda

3. Jaga Rutinitas dan Bekerja Sesuai Jadwal

Bagi Anda yang bekerja dari rumah tentu memiliki jam kerja sendiri karena jadwal yang lebih fleksibel dibandingkan langsung ke kantor. Untuk itu, menjaga rutinitas agar bekerja sesuai jam kerja adalah tantangannya.

Pastikan sudah membuat estimasi jam kerja sendiri sesuai kemampuan. Meskipun fleksibel, namun pastikan mengikuti aturan jam kerja yang sudah Anda susun tersebut. Jangan lupa memberi jeda untuk istirahat sejenak.

4. Berinteraksi dengan Orang Sekitar

Berinteraksi dengan orang sekitar adalah tips mengatasi stress bekerja yang praktis dilakukan. Saat berada di kantor, luangkan waktu untuk mengobrol sejenak dengan rekan kerja untuk melepas penat.

Contohnya bertukar pikiran atau sekadar melakukan obrolan ringan. Ini juga dapat dilakukan saat bekerja dari workspace atau cafe. Tujuan dari tips ini adalah untuk melawan perasaan terisolasi dari kesepian.

5. Tetapkan Prioritas dan Batasan Kerja

Tetapkan prioritas dan batasan waktu bekerja. Misalnya harus menyelesaikan tiga pekerjaan dari pukul 08.00 – 13.00, maka sisa waktunya gunakan untuk makan siang, tidur sejenak, minum teh atau kopi, dan lain-lain.

Kemampuan menetapkan batasan bekerja bertujuan agar jangan sampai cara kerja Anda kebablasan menjadi hustle culture. Selain itu kurangi kebiasaan multitasking yang dapat membuat fokus malah terbagi-bagi.

Multitasking mungkin membuat pekerjaan Anda cepat selesai, namun pasti akan ada beberapa pekerjaan yang hasilnya tidak optimal. Tips mengatasi stress bekerja ini bertujuan agar fokus menyelesaikan pekerjaan satu per satu.

Menetapkan batasan juga berarti berani mengatakan tidak pada tuntutan-tuntutan pekerjaan di luar kemampuan maupun jam kerja. Komunikasikan dengan atasan terkait beban kerja karena jika melampaui batasan akan menyebabkan burn out.

6. Temukan Hobi dan Kurangi Konsumsi Media Sosial

Dalam upaya mencapai keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi, sangat penting untuk menggunakan waktu luang dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Selalu luangkan waktu untuk meningkatkan keterampilan dan pengembangan pribadi.

Selain itu, penting juga untuk mengurangi konsumsi media sosial yang berlebihan. Kebiasaan terlalu sering terpaku pada media sosial dapat memicu tekanan yang tidak perlu, menyebabkan orang merasa perlu untuk terus-menerus menampilkan kesibukan mereka dalam mencapai kesuksesan.

Namun, mengikuti tren tersebut dapat menyebabkan tekanan tambahan dan merugikan keseimbangan hidup Anda. Sebagai gantinya, manfaatkanlah waktu luang untuk aktivitas yang lebih memuaskan dan berharga.

Misalnya, Anda dapat bergabung dengan komunitas vape bersama emkay.id. Emkay menawarkan pengalaman vaping yang menyenangkan dengan berbagai pilihan liquid yang dapat disesuaikan dengan preferensi individu Anda. Dengan bergabung dalam komunitas, Anda dapat menikmati waktu luang Anda dengan cara yang lebih bermakna dan membangun hubungan yang positif dengan sesama penggemar vaping.

Tetaplah terhubung dengan media sosial sebagai hiburan, namun pastikan untuk memilih konten yang mendukung perkembangan karir dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

7. Istirahat yang Cukup dan Lakukan Self Care

Tips mengatasi stress bekerja berikutnya adalah melakukan self care atau me time. Tidak ada salahnya memperhatikan diri sendiri setelah hampir seminggu penuh berkutat dengan segala macam pekerjaan.

Pemberian reward dapat dilakukan melalui perawatan tubuh, menonton film, menyantap makanan favorit, pergi ke toko buku, dan sebagainya. Atau meluangkan waktu bersama orang-orang terdekat.

Pastikan memiliki time management yang baik antara bekerja dengan beristirahat yang cukup. Utamakan kesehatan agar dapat bekerja dengan sehat dan maksimal.

Kesimpulan

Bekerja tanpa batas membuat Anda jauh dari kehidupan sosial dan waktu istirahat sehingga perlahan menyerang kesehatan fisik maupun mental. Lakukan tips mengatasi stress bekerja tersebut untuk membantu memanajemen waktu dan emosi.

Anda bisa mendapatkan berbagai informasi lainnya seputar dunia profesional di sini. Jadi bagian dari emkay.id dan dapatkan kesempatan untuk mendapatkan promo menarik untuk pembelian liquid dan vape.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *