Produktivitas

Tips Manajemen Deadline yang Harus Diterapkan Pekerja

tips manajemen deadline

Secara umum tips manajemen deadline bukan hanya kebutuhan para pekerja saja. Namun juga semua orang agar mampu menyelesaikan pekerjaannya secara maksimal. Meski demikian bagi karyawan kemampuan ini akan memberikan dampak cukup signifikan pada pekerjaannya.

Dalam melakukan suatu pekerjaan Anda tidak akan terlepas dari namanya tenggat waktu. Bahkan bagi seorang pekerja tidak jarang individu akan mempunyai tanggung jawab lebih dari satu. Agar semuanya dapat selesai secara maksimal silahkan memperhatikan tipsnya disini.

Tips Manajemen Deadline Agar Bisa Menyelesaikan Banyak Pekerjaan

Tenggat waktu merupakan istilah untuk menggambarkan batas pelaksanaan suatu pekerjaan. Umumnya istilah ini tidak hanya Anda temukan dalam dunia kerja saja. Namun juga ketika sekolah maupun dalam berbagai kegiatan organisasi lainnya.

Melakukan pekerjaan sebelum jatuh tempo tentu akan membuat tanggung jawab kerja Anda menjadi lebih ringan. Dari pada harus menyelesaikannya sekaligus. Oleh sebab itu pastikan Anda memperhatikan tips manajemen deadline secara lengkap disini:

1. To Do List

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah menerapkan prinsip to do list. Agar pekerjaan jadi lebih cepat selesai silahkan Anda membuat to do list lebih dulu.

Bagi mayoritas orang membuat to do list menjadi salah satu cara ampuh, untuk meningkatkan produktivitas kerja. Mengingat menciptakan to do list akan membantu Anda dalam mengetahui progress kerja yang dimiliki.

Dalam hal ini Anda dapat menuliskan berbagai daftar pekerjaan, yang wajib selesai sesuai kebutuhan. Mulailah menulis pekerjaan dalam kurun waktu pendek seperti berdasarkan jam maupun tanggal. Sementara itu masukkan pekerjaan jangka waktu panjang setelahnya.

Disini karyawan perlu mengurutkan daftar pekerjaan yang menjadi prioritas lebih dulu. Dimana hal tersebut akan mengidentifikasikan tenggat waktu paling dekat.

Ada banyak sekali cara pembuatan to do list yang mampu karyawan buat. Mulai dari menulis di sticky note, buku agenda maupun secara digital. Tentunya silahkan memilih metode paling mudah sesuai kebutuhan masing-masing.

2. Waktu Istirahat

Tips manajemen deadline berikutnya adalah menyediakan waktu istirahat. Menjadi produktif bukan berarti Anda harus bekerja terus menerus tanpa memperhatikan jam istirahat. Sebaliknya waktu istirahat merupakan salah satu faktor penting agar tubuh tetap aktif.

Waktu istirahat menjadi salah satu tahapan penting setelah Anda selesai membuat to do list. Disini silahkan menentukan jam istirahat di sela-sela bekerja.

Anda bisa merilekskan pikiran anda dengan tenang dengan melakukan hal yang bisa membuat anda suka, seperti vaping. Gunakan liquid Emkay Blast yang dingin agar bisa membantu Anda lebih rileks. Emkay Blast mempunyai banyak varian yang bisa anda sesuaikan dengan mood dan masing-masing prefensi Anda.

3. Menyelesaikan Pekerjaan Mendesak

Sementara itu tips manajemen deadline berikutnya adalah mengetahui kebutuhan. Dalam konteks ini silahkan Anda menyelesaikan pekerjaan mendesak lebih dulu.

Dalam tahapan ini silahkan Anda bekerja sesuai to do list sebelumnya. Silahkan untuk mulai bekerja sesuai urutan tenggat waktu mendesak lebih dulu. Sementara ketika terdapat 2 pekerjaan dengan tenggat sama silahkan memulai dari paling mudah.

Langkah kali ini pastinya akan membantu semua orang dalam bekerja. Tidak hanya membuat karyawan lebih produktif namun juga menyelesaikan pekerjaan secara cepat.

Baca Juga : 5 Kegiatan Agar Hari Anda Jadi Lebih Produktif

4. Tidak Menunda

Ada banyak sekali cara agar semua tugas serta tanggung jawab dapat selesai secara tepat. Selain produktif dalam pekerjaannya tentu ada banyak sekali sikap untuk Anda tanamkan. Dalam tips manajemen deadline kali ini pastikan untuk menghindari sikap menunda.

Menunda pekerjaan menjadi salah satu penghalang bagi karyawan dalam menyelesaikan tanggung jawabnya secara baik. Bahkan sikap tersebut juga dapat membantu Anda menyelesaikan lebih banyak tugas secara mudah.

Dalam hal ini ketika ada pekerjaan masuk silahkan menyelesaikannya secepat mungkin. Opsi tersebut sangat penting untuk mengurangi risiko deadline semakin menumpuk.

5. Jauhkan Distraksi

Biasanya seseorang tidak bisa produktif karena banyak gangguan saat menyelesaikan tugasnya. Sehingga dalam tips manajemen deadline kali ini pastikan menjauhkan semua distraksi ketika sedang bekerja.

Distraksi merupakan salah satu musuh yang dapat mengganggu fokus Anda. Oleh sebab itu jauhkan berbagai jenis distraksi ketika Anda sedang bekerja. Terutama ketika terdapat tenggat waktu pekerjaan dalam waktu dekat.

Ada banyak sekali jenis distraksi yang biasanya mengganggu pekerjaan. Hal ini seperti game, smartphone, tontonan maupun berbagai gangguan lainnya.

6. Hindari Lembur

Selain menyiapkan waktu istirahat pastinya terdapat aspek lain, yang wajib Anda hindari ketika ingin lebih produktif. Dalam hal ini hindari bekerja lembur karena mampu membuat tubuh serta pikiran terganggu. Sehingga akan membuat to do list yang dibuat menjadi berantakan.

Bekerja lembur juga bisa membuat seseorang menjadi stress atau bahkan sakit. Kondisi tersebut pastinya akan berpengaruh buruk terhadap kinerja karyawan di tempat kerja.

7. Patuhi To Do List

Terakhir pastikan mematuhi semua to do list yang sebelumnya sudah Anda buat. Pastinya langkah kali ini akan sangat penting agar semua tugas dapat selesai secara lancar. Tentunya tanpa perlu memotong waktu istirahat ideal Anda.

Bekerja secara produktif tentunya juga harus karyawan imbangi dengan strategi terbaik. Salah satunya menggunakan tips manajemen deadline agar pekerjaan bisa lebih cepat selesai. Jangan lupa untuk follow instagram @emkay.id untuk tips lainnya seputar pekerjaan dan rekomendasi liquid yang beragam. Gabung menjadi member emkay.id agar Anda bisa mendapatkan informasi terbaru seputar promo liquid Emkay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *