Masih banyak masyarakat yang belum tahu flash sale artinya walaupun sudah kerap mendengarnya. Istilah ini akan sering muncul pada penggunaan marketplace atau e commerce, seperti Shopee, Tokopedia dan sejenisnya.
Istilah satu ini menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian para konsumen agar membeli produk atau menggunakan jasa tertentu dengan cepat. Agar lebih paham tentang flash sale, kelebihan sekaligus cara melakukannya, simak pembahasan berikut.
Membahas Tentang Flash Sale Artinya
Flash sale artinya strategi pemasaran yang bertujuan untuk menarik perhatian para konsumen dengan cara memberikan harga diskon dalam kurun waktu sangat singkat. Strategi seperti ini menghasilkan rasa urgensi kepada pembeli yang mendorong untuk segera bertindak.
Asal kata istilah ini berasal dari flash dan sale. Flash merupakan sesuatu yang tiba-tiba dan bersifat cepat. Sedangkan sale memiliki makna penjualan. Perbedaan dari metode penjualan pada umumnya adalah dari segi keterbatasan waktu.
Metode tersebut membuat konsumen ingin segera membelinya, apalagi bila penawaran diskon yang diberikan berjumlah besar. Batasan waktunya dalam hitungan jam atau menit, bergantung pada kebijakan penjual.
Karena terbatas oleh waktu, konsumen akan dihadapkan pada kondisi harus sesegera mungkin mengambil keputusan untuk melakukan pembelian atau kehilangan peluang memperoleh diskon besar tersebut. Bisa dikatakan dalam strategi ini memanfaatkan psikologi para konsumen.
Ada beberapa hal yang biasanya diterapkan pada strategi penjualan satu ini. Sesuai definisi flash sale artinya hal yang diterapkan adalah pemberian diskon dengan jumlah lebih besar dari biasanya dan durasi penjualan lebih singkat.
Selain kedua hal tersebut, ada lagi lainnya yaitu kuantitas dan pilihan produk terbatas. Umumnya pemilik toko online menerapkan strategi satu ini pada momen penting, seperti hari raya Idul Fitri, Natal, Imlek, tahun baru dan masih banyak lagi.
Beberapa Daftar Kelebihan Flash Sale
Setelah mengetahui flash sale artinya, sekarang waktunya membahas tentang beberapa kelebihan yang ditawarkannya. Kelebihan ini menjadi penyebabnya begitu diminati di dunia e commerce, beberapa diantaranya:
Meningkatkan Traffic dari Pengunjung Toko
Kelebihan pertama yaitu meningkatkan traffic pengunjung toko yang awalnya sepi bisa menjadi lebih ramai. Saat ada penawaran produk dengan harga lebih murah, konsumen cenderung tertarik untuk mengunjungi toko tersebut.
Walaupun pada akhir pengambilan keputusan tidak selalu membelinya, tapi banyak orang yang menjadi tahu keberadaan toko dan produk tersebut. Ada potensi dikemudian hari mereka tertarik untuk membeli.
Menarik Perhatikan Konsumen Baru
Kelebihan selanjutnya yaitu menarik perhatian konsumen baru. Tidak bisa dipungkiri bahwa penawaran produk berharga diskon, apalagi besar-besaran sangat menarik perhatian banyak konsumen.
Baik itu konsumen yang sudah berlangganan maupun belum pernah membeli sebelumnya. Jadi, adanya flash sale artinya bisa membantu meningkatkan penjualan dari konsumen baru dari berbagai wilayah.
Artinya, strategi penjualan seperti ini bisa membantu pemilik bisnis untuk memperoleh jangkauan pasar lebih luas. Semakin banyak jumlah konsumen yang sudah bertransaksi dan mengungkapkan kepuasannya, akan mempengaruhi predikat toko menjadi lebih baik.
Pengaruh dari predikat seperti ini terhadap kegiatan penjualan yaitu menjadi lebih mudah. Bagaimanapun juga predikat mempengaruhi besar kepercayaan konsumen untuk membeli di toko online tersebut.
Baca Juga : Kurang Sifat Ini Kalau Anda Tidak Mau Dibilang Egois!
Lebih Cepat Meningkatkan Penjualan
Kelebihan terakhir adalah strategi satu ini lebih cepat meningkatkan penjualan. Dengan flash sale artinya potensi mendapatkan banyak pelanggan lebih tinggi dibandingkan hari biasa.
Bisa demikian karena adanya penawaran diskon apalagi besar-besaran lebih menarik perhatian para konsumen dan mendorong mereka untuk segera melakukan pembelian. Inilah penyebab penjualan mampu mengalami peningkatan.
Selain itu, juga berpeluang lebih besar meningkatkan laba. Dengan catatan, diskon yang diberikan masih memberikan laba bagi penjual. Jadi, bukan diskon yang malah membuat penjual mengalami kerugian.
Flash sale memang menawarkan berbagai kelebihan, tapi juga tidak terlepas dari kekurangan. Salah satunya yaitu bisa merusak reputasi bisnis bila tidak dilakukan dengan tepat. Selain itu, bisa membuat konsumen menunda pembelian pada hari biasa karena menunggu waktu diskon lagi.
Cara Melakukan Flash Sale dengan Tepat
Sesudah diuraikan pembahasan tentang flash sale artinya dan kelebihan yang ditawarkan, sekarang waktunya mengetahui cara melakukan strategi penjualan satu ini dengan tepat. Inilah beberapa caranya yang bisa Anda coba terapkan:
- Sebelum menerapkan, tentukan terlebih dahulu tujuan mengapa ingin melakukannya agar nantinya bisa mengaplikasikan strategi terbaik sehingga mendapatkan hasil optimal. Selain penetapan tujuan, identifikasi juga sasaran atau target pembelinya.
- Pastikan jumlah stok produknya aman. Jangan sampai ada selisih antara stok aktual dengan yang tertera pada toko online karena bisa membuat pembeli kecewa. Memberikan diskon besar terhadap produk dengan jumlah terbatas bisa meningkatkan ketertarikan konsumen untuk membelinya.
- Sebelum menerapkan strategi ini, penting untuk memperhitungkan alur transaksi sampai pengiriman. Pastikan pengiriman dilakukan dengan tepat waktu agar konsumen nantinya merasa puas dan tertarik untuk membeli lagi di toko Anda.
Pada intinya, strategi penjualan satu ini bisa menghasilkan optimal asalkan dilakukan dengan tepat. Rencanakan dengan baik terlebih dahulu strategi yang ingin diterapkan. Dengan flash sale artinya bukan hanya sekadar mampu meningkatkan jumlah konsumen saja, tapi juga jumlah laba. Dapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia kerja disini! Anda juga bisa follow instagram @emkay.id agar tidak ketinggalan info terkini.