Tips & Trick

8 Tips Menata Meja Kerja Agar Lebih Produktif

Coba ikuti tips menata meja kerja yang baik dan benar agar suasana kerja menjadi lebih baik. Anda juga bisa menjadi lebih produktif bila meja kerja menjadi rapi.

Entah bekerja di rumah atau kantor, keadaan meja kerja menjadi pengaruh yang besar pada produktivitas Anda dalam bekerja. Itulah mengapa, Anda perlu merapikannya agar suasana kerja menjadi lebih baik, kerja juga jadi semangat.

Coba luangkan waktu Anda untuk mengikuti tips menata meja kerja agar lebih rapi. Rasakan bagaimana bekerja ketika meja rapi dan barang-barang Anda tertata dengan rapi. Berikut tipsnya.

Inilah Tips Menata Meja Kerja agar Lebih Nyaman

Keadaan meja kerja yang tidak terorganisir, membuat suasana hati menjadi kurang baik. Deadline pekerjaan yang padat, bisa menambah beban pikiran menjadi bertumpuk. Ditambah dengan situasi meja tidak rapi, kemungkinan besar emosi tidak terkontrol.

Tips menata meja kerja sebenarnya cukup bagus untuk Anda ikuti. Barang-barang terorganisir dengan baik dan rapi, jadi tidak ada distraksi ketika bekerja.

Distraksi berkurang, Anda bisa berkonsentrasi dengan baik selama bekerja. Produktivitas semakin meningkat, dan pekerjaan akan cepat selesai.

Buatlah meja kerja senyaman mungkin agar menambah tingkat produktivitas Anda. Berikut adalah beberapa tips menata meja kerja yang bisa Anda ikuti agar tidak berantakan lagi :

1.      Rapikan semua barang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan agar meja kerja terlihat nyaman adalah dengan merapikan seluruh barang. Terkadang Anda menaruh beragam barang di atas meja, dari yang penting, hingga tidak penting. Kemudian tidak meletakkannya di tempat semula.

Hal tersebut sebenarnya sangat berpengaruh pada konsentrasi kerja. Anda akan mendapat distraksi dari kondisi meja yang berantakan. Untuk itu, rapikan semua barang terlebih dulu.

2.      Bersihkan meja dari debu dan kotoran

Jika semua barang telah dirapikan, tips menata meja kerja selanjutnya adalah dengan membersihkan meja dari debu dan juga kotoran. Pastikan dibersihkan dengan lap basah dulu, kemudian keringkan dengan kain kering.

Baca Juga : Hal Ini Penting Dilakukan Agar Anda “Work Life Balance”

3.      Buang barang yang sudah tidak terpakai

Ketika Anda sudah merapikan barang-barang di meja hingga membersihkannya, kemungkinan ada barang-barang yang disisihkan karena sudah tidak terpakai lagi.

Maka dari itu, semua barang tersebut harus Anda kumpulkan jadi satu untuk kemudian dibuang. Jadi, space meja semakin longgar dan kondisinya menjadi jauh lebih rapi.

Join Members

4.      Sisakan space kosong

Lalu tips menata meja kerja berikutnya, Anda perlu menyediakan space kosong di salah satu sisi meja. Gunanya untuk memperluas ruang kita dalam bekerja.

Misalnya, ketika menandatangani dokumen, mencatat note ketika sedang melakukan zoom meeting dan lainnya. Untuk itu, space kosong pada sisi meja harus disediakan agar lebih leluasa lagi.

5.      Organisir kembali barang dan berkas di meja

Setelah membereskan beragam barang yang ada di meja, letakkan atau organisir kembali setiap barang agar tersimpan pada tempatnya.

Tata dan organisir seluruh berkas penting agar nanti mudah Anda cari ketika dibutuhkan. Pastikan barang-barang yang ada di meja, termasuk penting dan berguna untuk menunjang pekerjaan Anda.

6.      Tambahkan dekorasi di meja kerja

Tips menata meja kerja berikutnya adalah dengan menambahkan dekorasi agar meja kerja Anda terlihat lebih cantik. Anda bisa tambahkan action figure, aquarium mini, hingga tanaman hias artifisial.

Tanaman hias tersebut bisa memberikan efek menenangkan pada Anda ketika sedang bekerja. Dekorasilah secara wajar dan jangan berlebihan. Sebab, ketika Anda terlalu berlebihan, justru tidak ada ruang lagi di meja belajar tersebut.

7.      Digitalisasi berkas

Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan digitalisasi berkas untuk disimpan ke flashdisk. Hal ini bertujuan agar meja kerja tidak terlalu penuh, berkas-berkas dalam bentuk printout, singkirkan dan tumpuk di tempat lain. Lebih baik, simpan berkas tersebut pada device Anda seperti laptop, flashdisk atau harddisk.

8.      Tambahkan lampu kerja

Untuk meningkatkan produktivitas diri, tambahkan pula lampu dengan penerangan bagus. Meski di ruang kerja sudah ada lampu, terkadang Anda memerlukan lampu kerja yang hanya berfokus menyinari area meja kerja itu saja.

Dengan pencahayaan yang bagus, mata Anda tidak akan mudah lelah selama bekerja, dan tetap fokus untuk meningkatkan produktivitas diri.

Tips tambahan untuk Anda agar meja kerja menjadi lebih nyaman, jangan lupa untuk membersihkannya secara rutin Apalagi jika letak meja kerja Anda dekat dengan jendela atau ventilasi, debu pasti akan mudah menempel. Untuk itu, harus rajin dibersihkan.

Bila Anda kerja dari rumah, ruang tempat kerja harus ada sirkulasi udara baik agar ruangan tidak terlalu lembab yang mengakibatkan kurang nyamannya dalam bekerja.

Silakan untuk organisir sendiri ruang dan meja kerja Anda agar lebih baik lagi. Tingkatkan produktivitas diri dengan mengikuti tips menata meja kerja yang telah kami jelaskan di atas meja kerja rapi, suasana kerja semakin baik. Ingin lebih banyak tips untuk menjadi produktif? Check artikelnya disini yaa!

Emkay new blast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *