Mencapai work life balance bagi pekerja menjadi tujuan penting. Apalagi memiliki banyak benefit bagi Anda yang sering kelelahan dan burnout. Anda bisa lebih mudah mengatur serta membagi waktu maupun energi.
Kehidupan pekerjaan maupun pribadi dapat seimbang dan terasa menyenangkan. Artinya tetap bisa berekreasi atau menjalani hobi sambil beraktivitas dengan produktif. Kemudian tidak hanya banyak menghabiskan waktu untuk bekerja.
Tips Mencapai Work Life Balance Agar Semakin Seimbang dan Konsisten
Bekerja terlalu banyak menyebabkan energi cepat habis sehingga mudah merasa stres. Jika sekedar beristirahat kurang cukup karena kesulitan menjalani aktivitas yang disukai. Berikut ini cara agar bisa work life balance:
1. Buat Prioritas Pekerjaan
Mengatur prioritas terdepan dapat membantu proyek yang perlu diselesaikan terlebih dulu. Anda bisa memanfaatkan Matriks Eisenhower untuk membuat list prioritas. Kemudian bisa mengetahui mana yang penting maupun mendesak.
Berkaitan dengan penyusunan prioritas harus mengetahui yang harus didahulukan. Kemudian menentukan mana yang bisa didelegasikan dan tipe tidak perlu Anda kerjakan. Energi maupun waktu dapat dipakai untuk tipe aktivitas esensial.
2. Tolak Tugas Kurang Penting
Demi mencapai work life balance, Ada baiknya menolak kegiatan atau aktivitas kurang penting. Misalnya dengan kemunculan tugas tambahan yang selalu bermunculan. Padahal sudah jam pulang kantor atau menjelang hari weekend.
Tidak masalah apabila menolaknya dan hanya mencari yang mendesak saja. Terutama jika masih memiliki load work yang sebelumnya tidak selesai. Tolaklah dengan sopan sehingga bisa memaksimalkan prioritas paling penting.
3. Atur Jam Kerja yang Tepat
Mengatur jam kerja dibutuhkan karena kehidupan pribadi dan tugas harus seimbang. Anda bisa mengatur to-do list sehingga tidak overtime. Selain itu hindari multitasking melainkan harus menyelesaikan tugas satu per satu.
4. Luangkan Waktu Beribadah
Menyediakan waktu beribadah bisa membantu work life balance dengan maksimal. Padatnya aktivitas membuat sebagian besar orang kesulitan beribadah. Inilah alasannya perlu memiliki jadwal khusus untuk beribadah maupun berdoa.
Tujuannya yaitu untuk membantu meningkatkan kualitas maupun keseimbangan dalam hidup. Selain itu setelah beribadah akan memiliki pikiran yang lebih tenang. Kemudian dapat mencapai segalanya mulai dari materi maupun rohaninya.
5. Kurangi Sifat Perfeksionis
Sikap perfeksionis sebenarnya memliki dampak baik karena mendorong Anda memberi kinerja terbaik. Meski begitu kebiasaan ini akan mengganggu kehidupan pribadi. Bahkan selalu mengutamakan tugas dibandingkan diri sendiri.
Padahal kebahagiaan perlu dicapai sehingga perlu mengedepankan kesenangan saat tidak bekerja. Tidak ada salahnya melupakan masalah kantor saat liburan. Kemudian bisa mengutamakan lagi perusahaan saat masanya bekerja kembali.
Baca Juga : Lemas Saat Di Kantor? Tandanya Tidur Anda Kurang Berkualitas Tuh
6. Hindari Menunda Pekerjaan
Deadline yang masih lama seringkali menggoda seseorang untuk menunda tugas. Faktanya akan menjadi masalah dalam work life balance. Apalagi dapat menjadi gangguan karena seringkali harus mengubah jadwal.
Belum lagi saat telah mendekati deadline, kemudian tugas akan bertambah banyak. Apalagi jika terdapat tambahan job lainnya sehingga semakin stres. Bahkan waktu pekerjaan akan dikorbankan demi menyelesaikan aktivitas.
7. Kurangi Stres dan Rehat dengan Emkay Blast
Stres telah menjadi sumber berbagai masalah kesehatan yang dialami oleh karyawan. Inilah alasannya jika membiarkan akan membuat Anda mengalami burnout. Kondisi tersebut bisa menyebabkan kelelahan yang dialami terus menerus.
Dampaknya pada produktivitas besar sehingga perlu mengurangi stres sebaik mungkin. Anda tidak boleh bekerja terlalu panjang karena perlu melakukan hal yang menyenangkan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan jika burnout di kala bekerja adalah mengambil rehat sejenak. Anda bisa sedikit rehat dan menikmati vape dengan liquid yang dingin. Hal ini bisa membantu Anda untuk mengurasi stress Anda dari pekerjaan.
Salah satu rekomendasi liquid dingin adalah Emkay Blast. Emkay Blast merupakan salah satu liquid saltnic yang memiliki rasa beragam. Seperti rasa kopi, maupun rasa fruity seperti rasa buah apel atau lychee.
8. Jangan Membawa Pekerjaan ke Rumah
Membawa pekerjaan ke rumah bukan kebiasaan yang baik. Tidak sedikit karyawan memutuskan membawa ke rumah supaya bisa cepat selesai. Tapi menjadi kebiasaan buruk karena Anda kemudian tidak memiliki waktu kosong.
Demi work life balance, saat di rumah harus bersantai atau melakukan hobi. Walaupun WFH dan WFA harus melakukan hal yang sama. Waktu produktif untuk bekerja dan waktu santai dipakai istirahat.
9. Kurangi Penggunaan Gadget
Gadget memiliki dampak kurang baik karena bisa menghabiskan waktu terlalu banyak. Bahkan kurang santai dan tidak meluangkan waktu dengan baik untuk beristirahat. Gunakan gadget seperlunya saja sehingga terasa lebih bermanfaat.
10. Hindari Hal yang Mendistraksi
Distraksi kemungkinan besar akan terus hadir sehingga mengganggu fokus. Kalau terlalu lama mengerjakan proyek, kemungkinan besar tidak segera selesai dan sering lembur. Fokus harus diutamakan dan tidak terlena dengan distraksi.
11. Berkomunikasi Jika Butuh Bantuan
Work life balance ternyata bisa Anda nikmati apabila meningkatkan banyak komunikasi. Bekerja terlalu lama tentunya bisa menyebabkan beban kerja menumpuk. Rasa stres kemudian menguat sehingga akhirnya mengalami burnout.
Apabila tidak dapat menyelesaikan semuanya sendiri, tidak boleh ditanggung tanpa bantuan. Melainkan harus berkomunikasi untuk meminta bantuan pada rekan kerja. Tujuannya agar bisa membagi beban pekerjaan sehingga semakin ringan.
12. Luangkan Waktu Bagi Diri Sendiri dan Keluarga
Berusaha meluangkan waktu untuk diri sendiri sekaligus keluarga menjadi tahapan penting. Apalagi setelah bekerja terlalu lama tentu menyebabkan tubuh dan pikiran lelah. Artinya hindari aktivitas berat dan pilihlah yang ringan.
Contohnya dengan menonton drama/film, membaca buku, meditasi hingga minum teh. Jangan lupa menjaga hubungan dengan keluarga atau orang tersayang setelah banyak bekerja. Jika melakukan saat akhir pekan, keseimbangan akan terjaga.
Beragam langkah dalam mencapai keseimbangan pekerjaan dan kehidupan tentu tidak mudah saat awalnya. Anda bisa merancang atau menentukan berdasarkan kebutuhan pribadi. Jadi, work life balance yang dilakukan lebih cepat sukses.
Ikuti terus instagram @emkay.id untuk mendapatkan informasi mengenai rekomendasi liquid yang sesuai untuk digunakan di tempat kerja Anda.