Event

Selalu Merasa Kurang Fit? Ini Cara Hidup Sehat Yang Bisa Anda Coba

Menerapkan cara hidup sehat adalah salah satu upaya untuk mendapatkan umur panjang dan menjalani hari-hari lebih menyenangkan. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat sehingga pengelolaan stress dalam diri juga bisa lebih baik.

Menikmati masa tua dengan kondisi masih fit tentu menjadi impian setiap orang, ternyata hal itu bisa diupayakan dari usia muda. Semakin baik pola hidup semasa muda maka semakin besar peluang mendapatkan kehidupan yang sehat ketika masa tua.

Berikut Ini 7 Cara Hidup Sehat

Rajin menerapkan cara hidup sehat merupakan bentuk investasi untuk masa depan lebih baik, juga bentuk penghargaan kepada diri sendiri. Di bawah ini merupakan beberapa trik atau rekomendasi kegiatan guna mendukung kehidupan lebih sehat:

Rajin Melakukan Olahraga

Kegiatan menyehatkan pertama yang paling direkomendasikan untuk segala usia jika ingin hidup berkualitas adalah olahraga. Jenis olahraga yang bisa dilakukan tidak selalu membutuhkan biaya mahal atau menggunakan alat canggih.

Sederhana saja, jalan santai setiap pagi bisa membuat metabolisme tubuh berjalan baik, sit up, push up juga termasuk gerakan sederhana tanpa alat khusus. Jika semuanya dilakukan konsisten maka kesehatan bukan lagi angan-angan bagi setiap orang.

Atur Pola Makan Sehat

Olahraga rutin dapat dimaksimalkan dengan cara hidup sehat lainnya, yakni mengatur pola makan sehat. Bukan berarti menghindari lemak sama sekali adalah strategi tepat karena setiap tubuh memiliki kebutuhan dan toleransi berbeda-beda.

Ada baiknya jika memiliki kesempatan berkonsultasi dengan dokter gizi, lakukanlah dengan baik untuk memberikan asupan tepat bagi tubuh. Kondisi tubuh setiap orang berbeda sehingga tidak ada metode diet paling tepat apabila berdasarkan tren saja.

Menjaga Kebersihan Rumah

Hal lain di luar tubuh juga harus dijaga dengan baik, dalam hal ini paling utama menjaga kebersihan tempat tinggal. Tempat tinggal sehat dari segi air, lantai, dan udara akan memberikan sirkulasi yang baik juga untuk pertukaran oksigen serta karbon dioksida.

Kebersihan rumah adalah salah satu cara hidup sehat dari faktor eksternal untuk membuat masa tua lebih sejahtera. Tips agar rumah selalu bersih adalah tidak membiarkan sedikit kotoran menumpuk sehingga potensi kuman bisa semakin merajalela.

Cukupi Kebutuhan Air Putih

Hal paling penting untuk menjaga kesehatan tubuh adalah mencukupi cairan atau konsumsi air putih. Maraknya produk minuman manis kekinian terlalu banyak mengandung gula sehingga tidak sehat bagi kesehatan dan dapat memicu berbagai penyakit, termasuk diabetes.

Join Members

Sangat disayangkan jika generasi muda saat ini terlalu sering mengonsumsi kopi kekinian yang notabene banyak mengandung gula dibandingkan mengonsumsi air putih. Padahal cairan tubuh tidak bisa tergantikan sempurna kecuali dengan mengonsumsi air putih.

Rutin Memeriksa Kesehatan

Apabila memiliki kesempatan menerapkan cara hidup sehat dengan rutin memeriksakan diri maka lakukanlah secara konsisten. Bisa satu tahun sekali melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memahami kondisi tubuh secara tepat demi melakukan penanganan akurat.

Setiap saatnya tubuh kita mengalami berbagai proses yang bisa saja menyebabkan cikal bakal berbagai penyakit. Akan lebih baik jika bibit penyakit tersebut diatasi sedini mungkin supaya pengobatan tidak terlalu lama, biaya tidak begitu mahal, dan tubuh lebih sehat lagi.

Baca Juga : Apakah Anda Merasakan “Quarter Life Crisis”? Lakukan Hal Ini Ya!

Istirahat yang Cukup

Hal tidak kalah penting adalah beristirahat cukup, minimal waktu tidur per hari tidak kurang dari 8 jam. Jika memiliki jam kerja di malam hari maka bisa manfaatkan waktu siang hari untuk beristirahat guna mengembalikan stamina sebelum kembali beraktivitas.

Tubuh yang fit adalah kunci dapat menyelesaikan semua kegiatan dengan lebih baik. Bayangkan jika Anda lalai menjalankan cara hidup sehat satu ini saja, mengendarai mobil jadi tidak fokus dan membahayakan untuk banyak orang serta diri sendiri.

Kurangi Konsumsi Gula dan Garam

Konsumsi gula dan garam tentunya bagus untuk tubuh apabila porsinya tidak berlebihan, berbeda cerita apabila konsumsinya terlalu banyak. Konsumsi garam terlalu banyak bisa memicu datangnya darah tinggi atau hipertensi dimana akhirnya terparah adalah stroke.

Sementara konsumsi gula terlalu banyak merupakan salah satu jalan bagi tubuh merasakan diabetes atau naiknya glukosa tubuh. Sebenarnya gula alami juga sudah didapatkan dari makanan sehari-hari, seperti buah, nasi, terigu, dan sejenisnya.

Kebiasaan baik di atas dapat mendukung upaya mendapatkan kualitas hidup lebih baik dan tubuh lebih fit. Semakin konsisten berbagai cara hidup sehat diterapkan maka semakin besar peluang masa tua diisi dengan kebahagiaan. Jangan lupa follow instagram @emkay.id untuk info menarik lainnya!

Emkay new blast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *