Event

Begini Cara Ampuh Meningkatkan Produktivitas Kerja!

HR harus tahu cara meningkatkan produktivitas kerja secara tepat untuk mendapatkan SDM berkualitas dalam mencapai tujuan perusahaan. Melalui produktivitas yang meningkat maka lebih mudah juga bagi karyawan bersangkutan untuk mendapatkan kenaikan gaji.

Peningkatan produktivitas kerja berfungsi untuk memberikan keuntungan dalam jangka panjang bagi perusahaan. Perusahaan yang mau bersaing dengan perusahaan lain, baik dalam sektor yang sama atau tidak harus terbuka terhadap perkembangan zaman.

9 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Kami mencoba mengulas apa saja cara meningkatkan produktivitas kerja secara tepat untuk memastikan perusahaan menggaji SDM berkualitas tinggi. Di bawah ini dapat menjadi referensi untuk para HR sebelum merekrut karyawan atau mengembangkan karyawan lama.

Terapkan Jam Kerja Fleksibel

Jam kerja fleksibel biasanya lumrah bagi industri kreatif atau sudah bukan hal baru bagi perusahaan rintisan. Jam kerja fleksibel misal semua harus datang pada pukul 8 pagi dan pulang bersama pukul 5 sore.

Sistem jam kerja fleksibel lebih menekankan ke lama waktu kerja dan pekerjaan yang diselesaikan tepat waktu. Karyawan boleh datang jam 10 pagi, namun tentu harus pulang pukul 7 malam dalam kondisi pekerjaan yang diberikan dapat terselesaikan.

Berikan Fasilitas atau Teknologi Terbaru

Hal atau cara meningkatkan produktivitas kerja berikutnya yang tidak kalah penting adalah memberikan teknologi atau fasilitas terbaru untuk mendukung produktivitas. Semangat kerja karyawan dipicu oleh berbagai hal, salah satunya pemanfaatan fasilitas atau teknologi.

Semakin mumpuni teknologinya maka semakin mudah bagi perusahaan mengarahkan SDM menjadi lebih produktif. SDM sendiri akan terasa dimudahkan karena setiap pekerjaannya didukung oleh fasilitas yang lebih mudah dioperasikan dan lebih canggih.

Ciptakan Komunikasi Efektif

Hal penting lainnya dalam meningkatkan produktivitas adalah melakukan komunikasi efektif, baik dalam lingkup vertikal maupun horizontal. Komunikasi efektif wajib diterapkan untuk atasan ke bawahan atau bawahan ke atasan, juga dari sesama karyawan.

Komunikasi efektif menjadi salah satu cara meningkatkan produktivitas kerja yang tepat karena bisa membuat hubungan antar relasi jadi semakin dekat. Semakin harmonis hubungan profesional maka semakin mudah untuk mencapai tujuan jangka panjang.

Ciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat

Hal tidak kalah penting lain yang harus diperhatikan adalah menciptakan lingkungan kerja sehat, terutama untuk mental. Sekarang banyak generasi muda dalam usia produktif yang mengeluh karena tekanan dalam bekerja merusak mental dan membuat stress.

Sementara dampak stress sendiri tidak hanya dirasakan oleh pekerjanya, namun juga berpengaruh terhadap perusahaan dalam jangka panjang. Jika karyawan stress maka performa tidak akan maksimal dan tujuan panjang perusahaan sulit tercapai.

Join Members

Baca Juga : Apakah Anda Merasakan “Quarter Life Crisis”? Lakukan Hal Ini Ya!

Tentukan Alat Komunikasi Wajib

Demi mendukung salah satu cara meningkatkan produktivitas kerja komunikasi efektif, upaya nyatanya adalah menentukan satu alat komunikasi wajib. Bisa membuat grup WhatsApp dimana setiap karyawan terkait tergabung di dalamnya.

Nantinya grup WhatsApp ini bisa diatur hanya untuk admin atau bisa semua anggota kirim pesan. Jika tujuannya hanya untuk admin maka segala bentuk informasi dalam grup tidak membutuhkan tanggapan, pendapat, atau saran dari semua karyawan.

Tingkatkan Keterlibatan Karyawan

Karyawan bukan objek pasif dalam perusahaan, melainkan subjek aktif untuk membantu perusahaan mencapai tujuan. Apabila karyawan tidak dilibatkan secara aktif dalam setiap keputusan maka sulit untuk mendapatkan loyalitas dari setiap kepala.

Padahal jika ditinjau kembali, SDM adalah aset investasi paling menjanjikan bagi sebuah bisnis. Menerapkan dan mendukung cara meningkatkan produktivitas kerja secara tepat merupakan sebuah cara untuk mendapatkan loyalitas dari karyawan berkualitas bagus.

Apresiasi Hasil Kerjanya

Ketika perusahaan menyadari bahwa karyawan adalah aset terbesar maka sudah sepatutnya memperlakukan karyawan dengan baik. Minimal apresiasi hasil kerjanya ketika mengalami peningkatan, berikan pujian atau hadiah kecil tentu akan memberikan kepuasan.

Apresiasi sederhana tidak mungkin membuat arus kas perusahaan goyah, justru karena apresiasi tersebut semangat kerja karyawan jadi semakin meningkat. Semangat meningkat maka produktivitas meningkat juga sehingga tujuan lebih mudah tercapai.

Sediakan Pelatihan Berkala

Poin ini tidak kalah penting sebagai salah satu cara meningkatkan produktivitas kerja bagi seluruh karyawan perusahaan. Pelatihan berkala berguna untuk mengembangkan potensi karyawan jadi semakin tinggi dan semakin hebat lagi.

Ketika potensi karyawan semakin berkembang maka perusahaan telah berinvestasi lebih besar lagi untuk mendapatkan imbal balik lebih besar juga. Saat karyawan dianggap sebagai aset, maka selayaknya aset sebenarnya harus diperlakukan sebaik mungkin.

Buat Acara Kebersamaan

Bisa menjadi ide bagus ketika perusahaan inisiatif melaksanakan acara kebersamaan untuk seluruh pekerja tanpa terkecuali. Acara kebersamaan bisa diisi oleh berbagai permainan, uji kekompakan, dan cara-cara lain yang menyenangkan. Nikmati waktu bersenang-senang kamu dan tim dengan ditemani produk produk emkay. Dengan berbagai rasa yang bisa membuat suasana kebersamaan kalian semakin menyenangkan. Dapatkan koleksi lengkap produk emkay langsung di shop.emkay.id. Nikmati kenyamanan belanja di shop.emkay.id! Jangan lupa untuk follow instagram @emkay.id untuk mendapatkan info menarik lainnya!

Semua hal di atas memiliki tujuan untuk mendapatkan produktivitas kerja karyawan dengan lebih baik. Semakin konsisten menerapkan cara meningkatkan produktivitas kerja maka semakin mudah sebuah tujuan tercapai.

Emkay new blast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *