Event

Problem Solving Skills Adalah Hal Penting dalam Dunia Kerja

Problem solving skills adalah hal yang penting sekali dalam dunia kerja yang wajib Anda miliki. Dengan adanya problem solving tersebut, maka Anda akan lebih mudah dalam memecahkan suatu masalah serta membuat masalah tersebut jadi lebih spesifik lagi sehingga tahu solusinya.

Untuk Anda yang ingin mempelajari tentang problem solving skill ini, maka bisa mempelajarinya secara otodidak karena tidak ada pelajaran resmi di bangku pendidikan. Di bawah ini sudah kami rangkum informasi lengkap seputar skill problem solving yang bisa Anda pahami.

Sekilas Tentang Problem Solving Skills Adalah

Pemahaman seputar problem solving skills merupakan hal fundamental yang mesti dipahami oleh siapa saja, terlebih lagi ketika Anda masuk ke dalam dunia kerja ataupun ingin naik jenjang karir yang lebih tinggi lagi.

Tanpa adanya pemahaman dan skill problem solving yang baik, maka seseorang bakalan merasa kesulitan ketika bekerja, ditambah lagi lingkungan dan budaya kerja yang penuh dengan tekanan.

Jadinya, secara sederhana problem solving ini ialah kemampuan yang mendefinisikan masalah, menentukan sumber utama masalah, skala prioritas, menyusun dan menyediakan alternatif solusi tentang masalah, serta menerapkannya sesuai dengan kebutuhan.

Secara singkatnya, maksud dari problem solving ini ialah kemampuan individu dalam menemukan masalah serta memecahkannya dengan optimal. Supaya proses pemecahan masalah bisa diterapkan, ada beberapa hal terkait karakteristik problem solving skills adalah berikut ini:

  • Jalin interaksi dengan pihak-pihak yang terlibat masalah, seperti karyawan di satu divisi, lintas jabatan di perusahaan dan lain sebagainya
  • Ada diskusi yang dilakukan dengan efektif guna menghasilkan progres kedepannya
  • Informasi lengkap dan juga valid, penyampai bisa ikut serta dipertanggungjawabkan
  • Saling memberikan bimbingan dan pelatihan dari pihak yang lebih berpengalaman.

Mengacu pada karakteristik di atas, maka bisa Anda temukan bahwa peran dari seorang pemimpin sangat vital sekali dalam proses pengambilan keputusan. Supaya proses problem solving skills bisa terselesaikan, maka pemimpin tidak boleh egois ataupun terlalu santai kepada para rekannya untuk mengambil keputusan.

5 Cara dan Metode Menerapkan Skills Problem Solving

Sesudah Anda paham dengan maksud dari problem solving skills beserta tujuannya, maka bisa juga pelajari cara dan metode penerapannya seperti di bawah ini:

1. Menguraikan masalah tertentu

Metode problem solving skills adalah bisa Anda lakukan dengan cara mendefinisikan, menguraikan dan juga menyusun kembali satu per satu masalah pokok yang tengah terjadi. Walaupun masalah yang muncul begitu banyak, namun bisa Anda usahakan dengan menemukan inti dari seluruh masalah tersebut.

Apabila Anda tengah bekerja di perusahaan, pastikan juga mengajak para rekan kerja yang berhubungan terkait dengan masalah tersebut. Dengan cara tersebut, Anda bisa mendengarkan masalah dari berbagai sudut pandang atau perspektif dan juga menemukan titik permasalahannya.

Join Members

2. Tentukan penyebab utama masalah

Usai masalah utama berhasil ditemukan, selanjutnya metode problem solving skills adalah dengan menentukan masalah utama. Apakah masalah timbul karena sistem, orang ataukah komunikasi yang kurang efektif? Dengan demikian, Anda bisa menemukan jawaban serta bersama tim melakukan brainstorming terkait sumber masalah.

3. Tentukan prioritas masalah

Untuk satu kali brainstorming, Anda bersama rekan akan menemukan lebih dari satu masalah yang dalam diselesaikan. Namun, tidak perlu memaksakan diri dengan seluruh masalah dalam satu waktu sekaligus. Jadinya, bisa Anda tentukan masalah yang jadi prioritas untuk diselesaikan terlebih dahulu.

4. Kembangkan solusi untuk menyelesaikan masalah

Selanjutnya, ketika Anda tidak berhasil menyelesaikan masalah dengan plan A, maka bisa juga dengan mencoba mencari tahu dahulu solusi alternatif yang lainnya. Hal tersebut menjadi strategi agar masalah bisa diselesaikan dalam waktu yang sudah ditentukan, meskipun plan sebelumnya sudah gagal.

5. Menerapkan solusi dan lakukan evaluasi

Terakhir, proses problem solving skills adalah dengan menerapkan solusi berdasarkan kesepakatan bersama. Setelah Anda berhasil menemukannya, maka bisa disusun jadi strategi penerapannya dan diskusikan kepada seluruh rekan kerja.

Contoh Nyata Penerapan Problem Solving Skills di Pekerjaan

Ketika sedang menjalin interaksi dengan banyak orang di perusahaan, maka Anda pun bakal berhadapan dengan tantangan sehingga perlu cara khusus untuk menghadapinya seperti contoh berikut ini:

Deadline dan beban kerja menumpuk

Contoh problem solving skills adalah dengan banyaknya tugas menumpuk dan deadline berdekatan sehingga perlu Anda hadapi dengan cara tenang.

Bisa Anda menyelesaikan terlebih dahulu pekerjaan yang paling penting dan juga mendesak. Setelah itu, barulah bisa menyelesaikannya satu per satu.

Konflik dengan rekan tim

Hubungan antara anggota tim di pekerjaan bisa berlangsung dengan lancar atau justru ada hambatan di dalamnya. Langkah yang bisa diambil ialah dengan mengetahui penyebab terjadinya konflik.

Mungkin saja ada perbedaan pendapat, kepribadian, gaya dan budaya kerja yang dapat menyulut terjadinya masalah sehingga perlu cara khusus untuk menyelesaikannya.

Problem solving skills adalah cara dan strategi untuk menyelesaikan masalah yang jadi prioritas dan penting sekali diterapkan ketika Anda sedang bekerja di perusahaan. Dapatkan informasi menarik lainnya seperti ini disini.

Emkay new blast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *