Lifestyle

Tips Liburan Bersama Mertua Saat Libur Bekerja

Liburan bersama orang tua sendiri sudah biasa, namun bagaimana bila liburan bersama mertua? Salah dalam bertindak tentunya akan menimbulkan kesan kurang menyenangkan, seperti kita tahu ada banyak cara.

Bagi kita untuk bisa mendekatkan diri ke orang tua pasangan, salah satunya dengan berlibur bersama mereka. Tetapi sayangnya, suasana justru sering terasa canggung atau kaku pada saat jalan bersama.

Agar liburan bersama orang tua pasangan bisa berjalan seru dan berakhir mulus, ada beberapa tips yang bisa dipraktikkan. Simak artikel ini hingga selesai, dijamin liburan Anda bersama mertua jadi lebih menyenangkan.

Tips Liburan Bersama Mertua Saat Libur Bekerja

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendekatkan diri ke orang tua pasangan adalah dengan berlibur bersama. Berikut beberapa tips yang bisa dipraktikkan agar liburan dengan mertua bisa terasa menyenangkan :

Cari tahu gaya liburan favorit mertua

Hal pertama yang perlu dilakukan jika ingin liburan bersama mertua ialah mencari tahu gaya liburan favorit mereka. Apa mereka lebih senang menginap di hotel atau lebih senang traveling ke pegunungan.

Dengan mengetahui kesukaan serta segala macam info tentang orang tua pasangan lebih awal, Anda dapat lebih mempersiapkan mental. Selain itu Anda juga dapat melakukan beberapa persiapan yang berhubungan dengan kegemaran mertua.

Antara lain seperti menyiapkan camilan kesukaan mereka, membuatkan makanan atau minuman favorit mereka. Dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan untuk bisa mengambil hati mereka.

Baca Juga : Hal Ini Penting Dilakukan Agar Anda “Work Life Balance”

Mintalah pasangan untuk kenalkan Anda lebih dalam ke orang tuanya

Pergi tanpa kenal dengan teman traveling dengan baik pastinya tidak akan menyenangkan. Terlebih lagi apabila Anda pergi liburan bersama mertua, oleh karena itu cobalah meminta pasangan.

Untuk memberikan info lebih tentang diri Anda ke orang tuanya, contohnya minta istri atau suami. Untuk menceritakan bila Anda adalah seorang vegetarian, gunanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bicarakan soal biayanya

Betapa tidak enaknya apabila menantu dan juga mertua bertengkar karena uang atau biaya. Biaya atau uang perjalanan memang menjadi salah satu faktor yang kerap kali memicu pertengkaran.

Guna menghindari hal tersebut, coba bicarakan dengan pasangan, pastikan biaya apa saja yang bisa kalian keluarkan. Sehingga mertua dan Anda tidak perlu berlomba-lomba membayar karcis masuk ataupun makan.

Susun jadwal perjalanan yang seru

Jika Anda hanya berlibur dengan pasangan saja, maka melakukan aktivitas secara spontan merupakan hal yang sah-sah saja. Tapi sebaiknya jangan lakukan hal itu ketika Anda liburan bersama mertua.

Siapkan rencana matang dan pilihlah destinasi wisata yang nyaman untuk dikunjungi, terutama bila usia mertua Anda sudah cukup lanjut. Apabila ini adalah pengalaman pertama bepergian bersama orang tua pasangan.

Join Members

Tidak ada salahnya untuk menyusun agenda perjalanan dengan anggota keluarga lainnya. Semua dapat tukar pengalaman liburan, hingga bisa menyusun jadwal perjalanan bersama, dengan begitu semua sama-sama tahu.

Jangan bawa perasaan

Jika Anda telah memiliki anak, liburan bersama mertua akan menjadi hal yang tricky. Sebab mereka bisa membantu Anda menjaga anak, namun juga bisa mengomentari cara Anda mengasuh anak.

Apabila orang tua pasangan sudah mulai membuat suasana hati Anda menjadi tidak enak. Maka tidak perlu terlalu dibawa perasaan ataupun dipikirkan, dengan begitu Anda akan bisa tetap menikmati liburan tersebut.

Beri kesempatan ke mertua ambil alih kegiatan

Orang tua pastinya tidak akan senang apabila hampir seluruh aktivitas hingga pengeluaran dilakukan oleh Anda. Beri mereka kesempatan untuk mengambil alih beberapa aktivitas, seperti memilih tempat makan yang akan dikunjungi.

Atau membayar karcis masuk ke wahana, apabila bapak mertua suka mengemudi, tidak ada salahnya. Apabila Anda tawarkan dia untuk mengendarai kendaraan beberapa saat, hal tersebut pastinya menyenangkan untuknya.

Siapkan waktu berdua bersama pasangan

Walaupun judulnya liburan bersama mertua, bukan artinya semua waktu harus dihabiskan bersama. Pastinya Anda juga butuh waktu berduaan bersama pasangan, maka dari itu cobalah susun jadwal yang sekiranya.

Memungkinkan Anda dapat quality time hanya berdua bersama pasangan tanpa mengusir mereka. Misalnya, dengan membiarkan mertua menikmati istirahat sore, ambil kesempatan tersebut untuk menikmati sunset romantis dengan pasangan.

Tetaplah tenang

Meskipun di awal liburan berjalan mulus, perselisihan antar pasangan dengan orang tuanya terkadang tidak dapat terelakkan. Anda sebagai orang yang baru bergabung, coba berada di posisi netral.

Tenangkan kedua belah pihak, kemudian ajak mereka untuk berdiskusi bersama-sama. Sekalipun pertikaian besar terjadi, pastikan bahwa Anda tidak sampai ikut larut dan tetap bersikap netral.

Jangan marah ke pasangan di depan mertua

Jika sedang liburan bersama mertua, hindari marah ke pasangan di depan mertua. Tentu tidak ada orang tua yang suka anaknya dimarahi di hadapannya. Bila tetap melakukannya, bisa-bisa mereka akan hilang simpati.

Maka dari itu, apabila ada hal yang sekiranya mengganjal, tahanlah hingga hanya tinggal Anda berdua dengan pasangan. Ingat, jangan biarkan orang tua pasangan melihat adanya pertengkaran sekecil apapun di depan mereka.

Sisipkan humor-humor di tengah perjalanan

Untuk meninggalkan kesan yang lebih menyenangkan sepulang perjalanan, pastikan liburan antara mertua dan menantu dibalut humor segar. Humor ini dapat mencairkan suasana yang awalnya kaku dan tegang selama perjalanan.

Keluarkanlah cerita-cerita seru dan menarik, itu akan sangat membantu kedekatan kedua belah pihak. Jika Anda menerapkan tips-tips ini, dijamin acara liburan bersama mertua akan lebih seru dan menyenangkan.

Emkay new blast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *