Kesehatan Kerja, Tips & Trick

Stop Baper Jika Mendapatkan Saran dari Bos! Ini Manfaatnya Loh

Manfaat tidak baperan saat mendapatkan saran dan kritik dari bos sangat besar. Secara tidak langsung akan berpengaruh pada kesehatan mental dan juga produktivitas bekerja. Setiap orang memang memiliki ketahanan berbeda terhadap sebuah saran dari orang lain.

Tidak jarang kalimat saran terutama dari atasan dipahami sebagai suatu teguran, padahal sebetulnya maksudnya baik. Lalu bagaimana seharusnya bersikap saat mendapatkan saran dari bos, simak penjelasan berikut ini.

Dampak Negatif Baperan terhadap Saran dan Kritik

Baperan biasanya dialami oleh pegawai baru yang belum terlalu mengenal lingkungan kerja apalagi karakter atasan. Sebelum baper terhadap saran dan kritik, Anda perlu tahu seperti apa dampak negatifnya.

1. Menurunkan Percaya Diri

Dampak negatif pertama adalah menurunkan percaya diri. Jika dibalik, artinya manfaat tidak baperan adalah bisa meningkatkan rasa percaya diri. Tentu ini jauh lebih baik karena lebih fleksibel dalam bergaul.

Mendengar perkataan yang kurang menyenangkan meski berhubungan dengan pekerjaan sering menjadikan seseorang merasa bersalah dan kurang berkompeten. Apalagi jika setiap perkataan dimasukkan dalam hati, tentu akan jadi penghalang kemajuan diri sendiri.

2. Sulit Menerima Masukan

Dampak lainnya adalah akan lebih sulit menerima masukan berikutnya. Padahal setiap masukan jika ditelaah dengan baik hasilnya bisa jadi baik terhadap diri sendiri. Jika hal ini terus-menerus Anda rasakan kedepannya jadi sulit beradaptasi terhadap perubahan.

Setiap pekerjaan tentunya berkembang, maka Anda juga harus berkembang. Perkembangan mengikuti kebijakan perusahaan yang disampaikan oleh bos Anda. Manfaat tidak baperan terhadap saran bos menjadikan Anda mudah mengikuti perkembangan tersebut.

3. Sulit Bergaul

Hati-hati dalam menyikapi setiap saran atau kritikan sebab bisa menjadikan Anda sulit bergaul. Bagi pegawai baru khususnya, jika tidak pandai memahami perkataan bos bisa menjadikan Anda minder.

Akan rugi jika kemudian setiap saran terlalu dipikirkan, sebab menyita lebih banyak energi dan kesempatan Anda bergaul. Lama-kelamaan bisa ketinggalan info-info update terkait pekerjaan.

4. Berpengaruh terhadap Komunikasi

Dampak selanjutnya adalah mempengaruhi kemampuan Anda berkomunikasi. Pikiran negatif terhadap perkataan bos menjadikan bawahan terutama anak baru cenderung lebih pendiam.

Padahal komunikasi merupakan soft skill paling penting dalam dunia kerja. Untuk itu, manfaat tidak baperan ini sangat penting Anda ketahui.

Tips Tidak Baperan Menghadapi Saran dari Bos

Singkatnya, baperan menjadikan perkembangan karir Anda kurang maksimal. Maka dari itu sebisa mungkin harus bisa menjaga hati dan pikiran supaya tidak mudah baper. Berikut tips yang bisa diikuti.

1. Ambil Sisi Positif

Selalu ambil sisi positif dari semua saran bos yang Anda dengar. Pada dasarnya tidak ada atasan yang menegur bawahan tanpa alasan jelas. Setiap teguran maupun kritik tujuannya adalah untuk kebaikan.

Jika memang terbukti Anda bersalah, maka sikapi setiap teguran sebagai sebuah pelajaran. Sehingga kedepannya kesalahan tersebut tidak terulang kembali. Dengan adanya teguran artinya Anda mendapat satu lagi pelajaran berharga untuk kemajuan karir.

2. Pertimbangkan Obyektifitas

Jangan terlalu diambil pusing, tapi bertimbangkan obyektifitas bahwa bos menegur secara profesional bukan personal. Tentunya setiap karyawan tempa Anda bekerja juga pernah menerima teguran serupa.

Dengan anggapan obyektifitas ini, Anda tidak akan merasa bersalah secara berlebihan. Justru membantu memahami bahwa tanpa saran atasan tersebut bisa jadi pekerjaan Anda tidak akan maksimal.

3. Cari Second Opinion dari Rekan Kerja

Jangan dipendam sendiri, utarakan kepada rekan kerja yang Anda percaya. Minta second opinion apa yang harus dilakukan supaya tidak berlarut-larut dalam pikiran negatif. Bisa jadi rekan Anda pernah mengalami hal serupa, jadi bisa langsung mendapatkan solusi.

Baca Juga : Lemas Saat Di Kantor? Tandanya Tidur Anda Kurang Berkualitas Tuh

Manfaat Tidak Baperan Menghadapi Saran dari Bos

Setelah menerapkan beberapa tips di atas, Anda akan segera menyadari bahwa manfaat untuk tidak baperan terhadap saran bos sangat besar bagi kehidupan sehari-hari serta karir. Berikut beberapa diantaranya.

1. Hati dan Pikiran Lebih Ringan

Manfaat tidak baperan pertama, hati serta pikiran jadi lebih ringan tanpa beban. Sebab setiap perkataan yang masuk hanya hal-hal positif saja di pikiran Anda. Saran bukan sesuatu hal untuk diratapi karena bukan akibat dari kesalahan fatal.

2. Mendapat Perhatian dari Bos

Sikap positif akan menjadi nilai plus. Bos akan lebih suka dengan karyawan yang mau menerima saran kemudian menjadikannya sebagai sebuah pelajaran untuk lebih baik dan maju dalam berkarir.

3. Mudah Bergaul

Manfaat tidak baperan selanjutnya adalah menjadikan seseorang mudah bergaul. Tanpa beban pikiran, tanpa merasa minder, menyebabkan orang lebih terbuka terhadap perbedaan karakter orang lain.

4. Produktivitas Meningkat

Manfaat untuk tidak baperan yang terakhir yaitu menjadikan produktivitas meningkat secara signifikan. Hal ini dikarenakan Anda berhasil menyaring hal-hal positif untuk membangun ide kreatif serta memperbaiki kesalahan.

Selain itu, kesalahan di masa lalu menjadi acuan agar kedepannya jadi lebih baik. Kedepannya kesalahan serupa tidak akan terulang karena tahu bagaimana menghindarinya sesuai saran yang pernah disampaikan oleh bos.

Saran dan kritik akan selalu ada dimanapun Anda bekerja. Maka harus pandai-pandai membawa diri serta memahami manfaat tidak baperan atas saran dari bos karena itu merupakan hal wajar di dunia kerja.

Kesimpulan

Menerima saran dan kritik dari atasan dengan sikap yang tidak “baperan” memiliki manfaat besar dalam konteks kesehatan mental dan produktivitas di tempat kerja. Dengan menerima masukan dengan lapang dada, individu dapat mempertahankan percaya diri, meningkatkan kemampuan menerima masukan, dan memperbaiki keterampilan komunikasi serta bergaul. Sikap ini juga dapat meningkatkan produktivitas dengan memperbaiki kinerja dan menghindari kesalahan di masa depan.

Anda juga bisa mengambil sedikit waktu untuk menerima kritik dan saran yang diberikan. Ambil waktu untuk vaping dan tenangkan pikiran Anda. Pilihlah rasa liquid yang Anda suka agar semangat bekerja kembali membara. Jangan lupa untuk bergabung menjadi member Emkay.id untuk informasi terbaru soal liquid kesayangan Anda. Sehingga Anda tidak akan lagi ketinggalan info promo saat sedang sibuk bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *